BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Guna mendukung tercapainya Standar
Pendidikan Nasional serta terwujudnya Program Wajar Dikdas 9 tahun yang
bermutu. Diperlukan kondisi gedung sekolah dan prasarana pendukung yang secara
fisik menjadi layak untuk proses belajar mengajar. Memberi kenyamanan dan
keamanan dalam proses belajar mengajar.
SMP Negeri Sawang berlokasi di Wilayah Terpenecil Desa
Gunci Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara Propinsi Aceh, yang sebagian besar
penduduknya dengan tingkat ekonomi sangat rendah, bermata pencaharian sebagai
petani/pekebun. Keberadaan SMP Negeri
Sawang ditengah-tengah masyarakat yang begitu membutuhkan sarana
pendidikan yang berkualitas dan terjangkau. Untuk memenuhi keinginan masyarakat
tersebut tentulah peran serta pemerintah masih sangat kami butuhkan.
Dengan melihat rombongan belajar
yang selalu meningkat dari tahun ke tahun maka sarana pendidikan yang memadai
tentulah menjadi prasyarat yang harus dipenuhi untuk meningkatkan kwalitas
peserta didik, sedangkan SMP Negeri 5 Sawang selama ini belum memiliki
laboratorium IPA sebagai sarana pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan
Alam dan Sains, maka SMP Negeri 5 Sawang sangat membutuhkan peralatan dan
kelengkapan laboratorium IPA.
B.
Tujuan
Tujuan Umum :
1. Untuk memenuhi sarana standar minimal pelayanan
pendidikan nasional.
2. Untuk melengkapi sarana pembelajaran pokok
pendidikan.
3. Untuk meningkatkan mutu pendidikan di
lingkungan kabupaten Aceh Utara.
4. Untuk meningkatkan mutu pendidikan di bidang
Sains (IPA).
Tujuan
Khusus :
1. Untuk mempermudah penyampaian materi
pembelajaran sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di bidang Sains (IPA).
2. Untuk meningkatkan keterampilan siswa di bidang
Sains dalam kehidupan sehari-hari.
3. Untuk menanamkan sikap siswa mencintai
lingkungan hidup
C.
Hasil yang diharapkan
Apabila sarana pengajaran dan pembelajaran dapat terpenuhi
maka hasil yang diharapkan:
1.
Meningkatkan kemampuan siswa
pada pelajaran Sains (IPA) dan dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Meningkatkan pemahaman siswa
terhadap materi pembelajaran Sains (IPA) sehingga dapat meningkatkan nilai
standar ketuntasan minimal.
3.
Meningkatkan sikap pada
siswa dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga dan memelihara lingkungan hidup
.
4.
Menerapkan pendekatan
pembelajaran secara langsung berhadapan dengan praktikum dan mampu memberikan
sutikan pengetahuan kepada siswa.
D.
Sumber Dana
Untuk
menunjang kegiatan ini menggunakan sumber dana yang berasal dari subsidi
pemerintah sebesar Rp 284.000.000, dengan rincian sebagai berikut :
1.
Untuk Pembangunan Ruang
Laboratorium Rp. 200.000.000.-
2.
Untuk Pembelian Alat
Laboratorium Rp. 95.300.000.-
Jumlah kebutuhan anggaran Rp. 295.300.000.-
BAB
II
PROFIL
SEKOLAH DAN KEBUTUHAN SARANA PRASARANA
A.
Profil Sekolah
|
1
|
Nama Sekolah
|
: SMP NEGERI 5 SAWANG
|
||||||||
|
2
|
NPSN
|
: 10110550
|
||||||||
|
3
|
Alamat
(Jalan/Kec/Kab/Kota)
|
: Jln. Gunci KM 10, Desa Gunci Kecamatan
Sawang
Kabupaten Aceh Utara, 24356
|
||||||||
|
No. Telp
|
: Telp. (0645) 530871,
|
|||||||||
|
4
|
Koordinat
|
: Longitude :
5.061365902873008
|
Latitude
: 96.87793493270874
|
|||||||
|
5
|
Nama Yayasan (bagi
swasta
|
: -
|
||||||||
|
6
|
Nama Kepala Sekolah
|
: Drs. Irsyamahuddin
|
||||||||
|
No. Telp/HP
|
: 0852-96301660
|
|||||||||
|
7
|
Kategori Sekolah
|
: SPM
|
||||||||
|
8
|
Tahun Beroperasi
|
: 2007
|
||||||||
|
9
|
Kepemilikan
Tanah/Bangunan
|
: Milik Pemerintah Daerah
Kab. Aceh Utara
|
||||||||
|
a. Luas Tanah /Status
|
: 4.688 M2 / SHM (Hak
Milik
|
|||||||||
|
b. Luas Bangunan
|
: 296 M2
|
|||||||||
|
10
|
No. Rekening Rutin
Sekolah
|
: 036.01.02.580015-1
|
||||||||
|
Pemegang Kas
|
: SMP N 5 Sawang
|
|||||||||
|
Nama Bank
|
: BPD Aceh
|
|||||||||
|
Cabang
|
: Capem Krueng Mane
|
|||||||||
|
11
|
Data Koneksi Jaringan
Online
|
|||||||||
|
Email
|
: smpnsawang5@gmail.com
|
|||||||||
|
Website
|
: -
|
|||||||||
|
Tweeter
|
: @SMPN5SAWANG
|
|||||||||
|
Facebook
|
:
smpnv.sawang@facebook.com
|
|||||||||
|
Blogspot
|
: http://smpn5sawang.blogspot.com
|
|||||||||
|
Peta Map /Satelit
Lokasi
|
:
|
|
12
|
Data Siswa 3 Tahun Terakhir
|
|||||||||||||||
|
Tahun Ajaran
|
Jumlah Pendaftar (Calon Siswa Baru)
|
Kelas VII
|
Kelas VIII
|
Kelas IX
|
Jumlah
(Kls. VII+VIII+IX)
|
|||||||||||
|
Jumlah Siswa
|
Jumlah Rombel
|
Jumlah Siswa
|
Jumlah Rombel
|
Jumlah Siswa
|
Jumlah Rombel
|
Jumlah Siswa
|
Jumlah Rombel
|
|||||||||
|
Tahun 2013/2014
|
33 Org
|
32 Org
|
1
|
27 Org
|
1
|
28 Org
|
1
|
87 Org
|
3
|
|||||||
|
Tahun 2014/2015
|
28 Org
|
28 Org
|
1
|
34 Org
|
1
|
23 Org
|
1
|
85 Org
|
3
|
|||||||
|
Tahun 2015/2016
|
28 Org
|
28 Org
|
1
|
28 Org
|
1
|
26 Org
|
1
|
84 Org
|
3
|
|||||||
|
Tahun 2016/2017
|
30 Org
|
30 Org
|
1
|
28 Org
|
1
|
28 Org
|
1
|
86 Org
|
3
|
|||||||
|
13
|
a). Data Ruang Kelas
|
|||||||||||||||
|
****
|
Jumlah Ruang Kelas Asli (d)
|
Jumlah Ruang Lainnya yang digunakan untuk ruang kelas (e)
|
Jumlah ruang yang digunakan untuk ruang Kelas f (d+c)
|
|||||||||||||
|
Ukuran 7x9 m2
(a)
|
Ukuran >63 m2
(b)
|
Ukuran <63 M2
(c)
|
Jumlah
d = (a+b+c)
|
|||||||||||||
|
Ruang Kelas
|
4
|
-
|
-
|
4
|
-
|
4
|
||||||||||
|
b) Data Ruang Lainnya
|
||||||||||||||||
|
Jenis Ruang
|
Jumlah
|
Ukuran
|
Jenis Ruang
|
Jumlah
|
Ukuran (M2)
|
|||||||||||
|
1. Perpustakaan
|
-
|
8 x 9
|
5. Ketrampilan
|
-
|
......... x ........
|
|||||||||||
|
2. Lab IPA
|
-
|
......... x ........
|
6. Ruang Kantor
|
-
|
16 x 10
|
|||||||||||
|
3. Lab. Bahasa
|
-
|
......... x ........
|
7. Ruang Kesenian
|
-
|
......... x ........
|
|||||||||||
|
4. Lab. Komputer
|
-
|
......... x ........
|
8. Ruang Serba Guna
|
-
|
......... x ........
|
|||||||||||
B.
Analisis Kebutuhan Sarana dan Prasarana
Berdasarkan hasil analisis
pembelajaran, kebutuhan sarana dapat dikegorikan dalam golongan sangat
membutuhkan, hal ini terbukti bahwa kelayakan siswa belajar teori dan praktik.
Disamping itu, untuk memenuhi kebutuhan siswa, jangkauan sekolah ke daerah
perkotaan mencapai 87 KM, sehingga dapat memakan waktu lebih banyak untuk bias
melakukan kunjungan laboratorium ke sekolah lain. Dengan dihadapkannya konsisi
wali murid pada posisi sangat meprihatinkan dengan ekonomi rendah, sangat tidak
memungkinkan untuk dibebani pemenuhan bahan praktikkum. Disamping itu, dana
sekolah dalam pemenuhan kebutuhan tidak akan tercapai dengan harga yang mahal
di perkotaan.
Oleh karena itu, subsidi pemerintah,
dalam hal ini Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan melalui Ditjen Pembinaan
Sekolah Menengah Pertama sangat layak untuk dibantukan guna memenuhi kebutuhan
tersebut.
C.
Potensi Sekolah pada Pemunuhan Sarana Prasarana
SMP Negeri 5 Sawang yang terletak
pada geografis pengunungan dan memiliki siswa dengan kemampuan prestasi
akademik rata-rata baik, sedangkan tingkat ekonomi wali murid di lingkungan SMP
Negeri 5 Sawang tergolong menengah ke bawah sehingga sekalipun semangat
masyarakat tinggi, tetap saja dalam pemenuhan atau pengadaan alat pembelajaran
sekolah masih terasa kesulitan. Kebijakan pemerintah untuk memberikan peralatan
laboratorium IPA pada sekolah-sekolah merupakan angin segar bagi sekolah, dan
ternyata sekolah mendapat subsidi peralatan laboratorium IPA sehingga kesulitan
sekolah dalam pengadaan sarana prasarana dapat teratasi. Kegiatan laboratorium
akan memberikan peran yang besar terutama dalam :
1.
Membangun pemahaman konsep
2.
Verifikasi (pembuktian) kebenaran konsep
3.
Menumbuhkan keterampilan proses (keterampilan dasar kerja ilmiah)
4.
Menumbuhkan rasa suka dan motivasi terhadap pembelajaran yang dipelajarinya
Berdasarkan prioritas tersebut di
atas peralatan laboratorium IPA perlu sekali diadakan peralatan dengan Dana
Subsidi Pemerintah.
BAB III
RENCANA PELAKSANAAN PENGADAAN
LABORATORIUM IPA
A.
Panitia Pembangunan Laboratorium IPA
Berdasarkan Rapat Pembentukan Panitia P3L IPA pada
hari Senin tanggal 14 Juli 2007, menetapkan Susunan Panitia P3L IPA sebagai
berikut:
|
No.
|
Jabatan
|
Unit Kerja/Unsur
|
Nama
|
|
1
|
Penanggungjawab
|
Kepala Sekolah
|
Drs. Irsyamahuddin
|
|
2
|
Ketua
|
Guru Senior
|
Husaini, S.Pd
|
|
3
|
Sekretaris/anggota
|
Unsur Wali murid
|
Syukri.
|
|
4
|
Bendahara/anggota
|
Guru Tetap
|
Irmayani, S.Pd
|
|
5
|
Administrasi Keuangan/anggota
|
Unsur Wali murid
|
Syafruddin
|
|
6
|
Tenaga
Teknis/anggota
|
Guru IPA
|
Erni, S.Pd
|
|
7
|
Tenaga
Teknis/anggota
|
Guru IPA
|
Marzuki, S.Pd
|
|
8
|
Tenaga
Teknis/anggota
|
Unsur Masyarakat
|
Tgk Usman
|
|
9.
|
Tenaga Administrasi/ Anggota
|
Unsur Staf Tata
Usaha
|
Muhammad Zaki,
S.Pd
|
|
10.
|
Pengawasan/Anggota
|
Unsur Komite
|
Mulyadi, SE
|
B.
Rencana Pembangunan dan Pengadaan Alat Laboratorium
IPA
|
Pembangunan
Ruang Induk 1 unit ukuran 9x8 m2
|
Rp.
200.000.000.-
|
||||
|
|
|
||||
|
No.
|
Nama
Alat/Bahan
|
Spesifikasi
|
Jumlah
|
Harga
|
|
|
Satuan
(Rp)
|
Total
(Rp)
|
||||
|
1.
|
Kit Listrik
Lengkap
|
-
|
2
set
|
3.000.000
|
6.000.000
|
|
2.
|
Kit Mekanik
dengan timbangan
|
|
3 set
|
3.666.000
|
11.000.000
|
|
3.
|
Kit OpIPA
|
|
2 set
|
1.100.000
|
2.200.000
|
|
4.
|
Kit Panas
/Kalor
|
|
2 set
|
1.000.000
|
2.000.000
|
|
5.
|
Kit Tuas
|
|
2 set
|
230.000
|
460.000
|
|
6.
|
Mikroskop
|
RRT
1600x, binokuler (Xsp107BN
|
2 buah
|
4.700.000
|
9.400.000
|
|
7.
|
Mikroskop
|
RRT
1250x, (Xps13A) + Lamp
|
10 buah
|
1.600.000
|
16.000.000
|
|
8.
|
Preparat
Zoologi
|
|
40 macam
|
|
400.0000
|
|
9.
|
Destilasi
lengkap
|
RRT
|
6 set
|
450.000
|
2.700.000
|
|
10.
|
Osmeter
lengkap
|
|
6 set
|
125.000
|
750.000
|
|
11.
|
Alat Resinasi
|
|
6 set
|
525.000
|
3.150.000
|
|
12.
|
pH meter
|
Digital
|
3
buah
|
1.300.000
|
3.900.000
|
|
13.
|
Proyektor
slide
|
|
1 buah
|
5.500.000
|
5.500.000
|
|
14.
|
Slide 35 mm,
terdiri dari
|
|
1 set
|
6.500.000
|
6.500.000
|
|
|
-
Jenis bakteri
|
|
12 macam
|
|
|
|
|
-
Daun hidup
|
|
5 macam
|
|
|
|
|
-
Habitat
|
|
12 macam
|
|
|
|
|
-
Kelainan
tulang
|
|
9 macam
|
|
|
|
|
-
Sel darah
|
|
8 macam
|
|
|
|
|
-
Biologi
|
|
13 macam
|
|
|
|
15.
|
Teropong Binoculer
|
|
6
buah
|
1.000.000
|
6.000.000
|
|
16.
|
Slinki
Gelombang
|
|
4 buah
|
175.000
|
700.000
|
|
17.
|
Stop wacht
|
3
kenop
|
4 buah
|
350.000
|
350.000
|
|
18.
|
Gelas ukur
|
Pyrex,
250 ml
|
6 buah
|
110.0000
|
660.000
|
|
19.
|
Neraca
|
Digital
|
1 buah
|
980.000
|
980.000
|
|
20.
|
Tensimeter Air
raksa
|
|
1 buah
|
200.000
|
200.000
|
|
21.
|
Osiloskope
|
|
1 set
|
7.000.000
|
7.000.000
|
|
22.
|
Kompor listrik
|
|
1 buah
|
400.000
|
400.000
|
|
23.
|
LCD Projector
Accer
|
2300”
lumens, 2300 : 1
contrast Ratio |
1 buah
|
8.000.000
|
8.000.000
|
|
Jumlah
|
95.300.000
|
||||
|
Total (Gedung + Alat)
|
291.000.000
|
||||
Jumlah
total kebutuhan anggaran Rp. 295.300.000.-
(Dua ratus sembilan
puluh lima
juta tiga ratus ribu rupiah)
C.
Jadwal Pelaksanaan
|
No
|
Uraian Kegiatan
|
Bulan/Minggu
|
|||||||||||
|
|
|||||||||||||
|
1
|
Pembentukan
Panitia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Penyelenggaraan
Rapat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Pelaksanaan
Pembangunan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Pembelian
Alat-alat Lab
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Pelaporan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
D.
Rencana dan Program Pembangunan Ruang Laboratorium
IPA SMP Negeri 5 Sawang Kabupaten Aceh Utara
a.
Pemberian
Dana Block Grant Pembangunan Laboratorium IPA
Peningkatan mutu pendidikan dan
pemerataan kesempatan belajar pada jenjang pendidikan dasar dan menengah dapat
dicapai apabila didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai.
Dalam rangka semakin mencukupi
kebutuhan minimal sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan
Pembangunan Laboratorium IPA yang pelaksanannya secara swakelola melalui
partisipasi masyarakat dengan mekanisme subsidi langsung ke sekolah dan
pelaksanaannya melibatkan pihak sekolah bersama komite sekolah serta masyarakat
di sekitar lokasi sekolah. Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam
tekadnya untuk selalu melibatkan masyarakat dalam upaya peningkatan mutu
pendidikan secara luas. Kegiatan harus dilaksanakan oleh masyarakat sendiri dan
tidak boleh dikontrakkan pada pihak ketiga. Dengan demikian diharapkan sekolah
dan masyarakat akan mempunyai rasa kepemilikan yang tinggi dan bertanggung
jawab untuk senantiasa memelihara fasilitas yang ada tersebut agar bisa
mempunyai manfaat yang sebesar-besarnya untuk kegiatan pembelajaran.
Berdasar pada kondisi nyata di SMP
Negeri 5 Sawang termasuk salah satu sekolah yang sangat memerlukan Laboratorium
IPA guna menunjang terlaksananya kegiatan belajar mengajar secara maksimal dan
meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.
b.
Usulan
Bantuan Dana Block Grant Pembangunan Laboratorium IPA
Usulan
bantuan dana untuk pembangunan laboratorium IPA tahun 2015 di SMP
Negeri 5 Sawang adalah senilai satu gedung laboratorium IPA yang sesuai
dengan standar yang berlaku. Dari usulan tersebut SMP Negeri 5 Sawang menaruh
harapan mendapatkan alokasi dana blockgrant pembangunan Laboratorium IPA dengan
nilai sebesar Rp 295.300.000.-. Dana tersebut merupakan
target dalam ajuan proposal, diharapkan kebutuhan dana yang diusulkan mampu
menampung program sebagaimana dimaksud.
c.
Pelaksanaan
Kegiatan
1.
Pengelolaan
Kegiatan
Pelaksanaan Pembangunan Laboratorium
IPA dilaksanakan secara swakelola oleh Panitia Pembangunan Sekolah dengan
melibatkan peran masyarakat di sekitar sekolah. Untuk mewujudkan transparasi
kepada masyarakat P2S mengadakan sosialisasi tentang kegiatan pembangunan
laboratorium IPA dalam rapat komite sekolah.
Disamping itu membuat papan
informasi yang berisi tentang rincian kegiatan yang dilaksanakan, antara lain
gambar pekerjaan, rencanan anggaran biaya, panitia pelaksana dan petunjuk
teknis lainnya. P2S juga memasang papan nama kegiatan yang memuat informasi nama
kegiatan, pelaksana kegiatan, tanggal mulai, rencana selesai, jumlah dana, dan
sumber dana. Rapat koordinasi panitia juga dilaksanakan beberapa kali untuk
membahas berbagai hal seperti perkembangan pekerjaan, pendanaan, pengembangan
pekerjaan, dan evaluasi masalah dan solusi untuk rencana kegiatan berikutnya.
Koordinasi dengan tenaga kerja juga dilakukan setiap saat untuk mengatasi
permasalahan yang muncul dilapangan.
2. Tahapan Pelaksanaan Kegiatan Fisik
Kegiatan Pembangunan laboratorium
IPA ini dimulai dengan persiapan lokasi yang akan dibangun yaitu lahan di
bagian sebelah barat gedung kelas. Persiapan berupa pembuatan jalan masuk untuk
kendaraan pengangkut material, pembersihan lokasi dan meratakan tanah karena
lokasi pembangunan laboratorium IPA ini tanahnya tidak rata, bersamaan dengan
itu dilakukan pemasangan bouplank.
Kegiatan dilanjutkan dengan
penggalian tanah untuk pondasi dan pemasangan pondasi batu putih. Pekerjaan
beton bertulang dan pekerjaan kusen serta daun pintu/jendela dilaksanakan
bersamaan menyesuaikan dengan jadwal yang direncanakan. Pekerjaan pengolahan
kayu untuk rangka atap dimulai hampir bersamaan dengan pekerjaan pasangan bata.
Setelah tembok selesai pekerjaan dilanjutkan dengan pemasangan rangka atap dan
dilanjutkan dengan pemasangan genting.
Kegiatan fisik lainnya sebagaimana yang
direncanakan dalam RAB adalah pemasangan kaca jendela sekaligus daun jendela
dan pintu beserta kelengkapannya.
Dalam realisasinya P2S dapat mengembangkan pekerjaan diluar RAB yaitu plesteran dinding dan pelur lantai. Pengembangan ini didasarkan pada pertimbangan skala prioritas dan menyesuaikan dana yang tersedia.
Dalam realisasinya P2S dapat mengembangkan pekerjaan diluar RAB yaitu plesteran dinding dan pelur lantai. Pengembangan ini didasarkan pada pertimbangan skala prioritas dan menyesuaikan dana yang tersedia.
d. Kriteria
Gedung Laboratorium IPA
Berdasarkan PERMENDIKNAS Nomor 33 tahun 2011, criteria
pembangunan Gedung Laboratirum IPA tingkat SMP sebagai berikut :
SALINAN
LAMPIRAN II : PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL
NOMOR
33 TAHUN 2011 TANGGAL 9 AGUSTUS 2011
PENGADAAN RUANG KELAS BARU (RKB),
RUANG BELAJAR LAINNYA (RBL) DAN
REHABILITASI
RUANG BELAJAR UNTUK SMP
Pembangunan Ruang Laboratorium IPA
Pembangunan
ruang laboratorium IPA SMP diprioritaskan pada sekolah-sekolah yang belum
memiliki ruang laboratorium IPA. Pembangunan ruang laboratorium IPA adalah
salah satu upaya masih dalam rangka penuntasan Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun
yang Bermutu. Agar pembangunan ruang laboratorium IPA dapat tepat sasaran dan
tepat guna maka harus mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut:
1. Kriteria
Umum:
a. Diprioritaskan
untuk sekolah yang berlokasi di daerah miskin, terpencil, tertinggal dan terbelakang, serta daerah
perbatasan antar negara;
b. Belum
memiliki prasarana dan/atau sarana peningkatan mutu pendidikan yang memadai;
c. pada
tahun anggaran 2011 tidak menerima dana bantuan sejenis baik dari sumber dana pusat (APBN) maupun dari
sumber dana daerah APBD I atau APBD II);
d. Sekolah
dengan status minimal terakreditasi;
2. Kriteria
Khusus:
a. Belum
memiliki ruang/gedung laboratorium IPA;
b.
Memiliki
lahan yang cukup untuk membangun ruang/gedung laboratorium IPA dan lahan itu
milik sendiri (milik Pemerintah atau Pemerintah Daerah untuk sekolah negeri;
milik yayasan untuk sekolah swasta) yang dibuktikan dengan bukti kepemilikan
berupa sertifikat atau surat kepemilikan lain yang disahkan oleh pejabat yang berwenang;
c.
Pembangunan
ruang laboratorium IPA yang dapat dilaksanakan adalah dengan ukuran 10 m x 15 m
(ukuran ruang 8 m x 15 m dan selasar 2 m x 15 m), atau ruang laboratorium IPA
dengan luas total ruangnya (tanpa selasar) > 120 m2, lengkap dengan
perabotnya.
d.
Jika
sekolah tidak memiliki lahan yang cukup, maka ruang/gedung laboratorium IPA dapat dibangun bertingkat
dengan ketentuan konstruksi bangunan
lantai 1 (satu) telah memenuhi persyaratan untuk bangunan bertingkat.
BAB IV
RENCANA
PEMANFAATAN DAN PENGEMBANGAN LABORATORIUM IPA
A.
Rencana Pemanfaatan dan Pengembangan Jangka Panjang
Untuk meningkatkan mutu pendidikan
yang optimal dan untuk mempermudah pengajaran serta pemahaman siswa dalam
memahami suatu materi pelajaran dengan beberapa proses pendekatan pembelajaran
yang ada maka dirasa sangat perlu dan sangat penting adanya sarana laboratorium
IPA di sekolah.
Oleh karena itu sangat perlu
diadakannya pengembangan serta melengkapi alat-alat laboratorium yang dirasa
sangat dibutuhkan untuk proses pembelajaran
B.
Rencana Pemanfaatan dan Pengembangan Jangka Menengah
Dengan tersedianya alat-alat
laboratorium akan dapat memacu prestasi siswa dan menumbuhkembangkan
kreativitas siswa, misalnya dalam mengikuti lomba karya ilmiah remaja, lomba
siswa berprestasi, dan Olimpiade Sains (IPA).
BAB V
PENUTUP
Dengan tersedianya ruang
laboratorium dan alat-alat laboratorium yang memadai dan mendekati Standar
Nasional Pendidikan maka akan membawa dampak yang sangat besar bagi sekolah
kami dalam rangka melaksanakan program pengajaran dan dapat meningkatkan mutu
pendidikan baik secara akademis maupun non akademis. Demikian proposal kami,
atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.
Sawang, 30 Agustus 2016
Kepala SMP Negeri 5
Sawang
Drs.
IRSYAMAHUDDIN
NIP. 19651231 199903 1 010
No comments:
Post a Comment